Haier Group kuasai bisnis Sanyo di Indonesia










Sanyo

Raksasa eletronik Jepang yang satu ini terus berkibar di Indonesia. Setidaknya kini sudah ada 7 perusahaan yang bernaung dibawah bendera Sanyo di Indonesia. Tiga di antaranya menempati pabrik-pabrik di kawasan East Jakarta Industrial Park (EJIP) di Lippo Cikarang. Dua pabrik ada di Mukakuning, Batam. Satu lagi di Cimanggis, Bogor. Dan satu kantor pusat penjualan di Jakarta.



Yang menjadi penghuni EJIP adalah PT Sanyo Indonesia, PT Sanyo Electronics Indonesia, dan PT Jaya Indah Casting. Dua perusahaan pertama, yang menyandang nama Sanyo dan menempati area pabrik amat besar, merupakan produsen peralatan audio, video, dan alat rumah tangga lainnya.

Juli 2011 silam terbetik kabar dua anggota keluarga Sanyo --PT Sanyo Indonesia dan PT Sanyo Sales Indonesia-- akan diakusisi Haier Group, asal China. Kedua perusahan tadi selama ini menjadi unit bisnis mesin cuci dan lemari es Sanyo. Belum diketahui apakah niatan Haier itu sudah terlaksana atau belum. Yang pasti, secara keseluruhan, Sanyo Group saat ini sudah berada di bawah bendera Panasonic.

Haier Group kuasai bisnis Sanyo di Indonesia


Haier Group (Haier) lewat anak perusahaannya PT Haier Sales Indonesia, resmi meramaikan pasar produk elektronik rumah tangga di Indonesia.
Perusahaan yang berasal dari Qingdao, Shandong, China itu, resmi menjalankan bisnis di Indonesia setelah mengakuisisi seluruh divisi usaha Sanyo Electric Co Ltd (Sanyo) di Asia Tenggara termasuk di Indonesia.
Haier Group mengaku telah mengakuisisi bisnis Sanyo senilai US$ 100 juta, atau setara dengan Rp 950 miliar.
Dengan begitu, Haier Group resmi menguasai seluruh produksi dan penjualan produk Sanyo, seperti produksi dan penjualan alat pendingin, mesin cuci serta peralatan rumah tangga elektrik lainnya di Asia Tenggara, termasuk di Jepang, Malaysia, Filipina, Vietnam dan Indonesia.
Haier Group menyatakan, akuisisi perusahaan asal Jepang itu, dilakukan untuk meningkatkan penjualan perusahaan secara global. Untuk di Indonesia, Haier Group akan menguasai PT Sanyo Indonesia dan PT Sanyo Sales Indonesia.
Kedua perusahaan yang diakuisisi itu memiliki sekitar 1.000 karyawan dengan kapasitas produksi kulkas sebesar 600.000 unit per tahun. Sedangkan kapasitas produksi mesin cuci Sanyo sebanyak 150.000 unit per tahun.
Haier Group adalah perusahaan asal China yang sudah melakoni bisnis elektronik rumah tangga sejak 28 tahun silam. Tahun 2011 lalu, perusahaan ini berhasil mencatat revenue senilai US$ 23,3 miliar.

HAIER Selesaikan Akuisisi Sanyo
Akuisisi usaha white goods Sanyo sebagai bagian ekspansi regional di Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina dan Vietnam
HAIER resmi hadir di Indonesia melalui PT. Haier Sales Indonesia


Jakarta, 16 Juli 2012.  Haier Group Corporation (Haier) secara resmi menyelesaikan proses transisi  atas akuisisi yang dilakukan terhadap Sanyo Electric Co. Ltd. (Sanyo), penandatangan dokumen penyelesaian masa transisi telah dilakukan di Singapura pada 30 Maret 2012.  Proses akuisisi telah dilakukan sejak bulan Juli tahun 2011 dimana Haier mengambil alih seluruh divisi usaha white goods Sanyo, yang meliputi produk alat pendingin, mesin cuci serta peralatan rumah tangga elektrik lainnya  di wilayah Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina dan Vietnam.  Termasuk dalam proses transisi ini adalah operasional dari Sanyo Electric, layanan pelanggan dan layanan purna jual di masing-masing Negara.
Selesainya  proses transisi akuisisi ini mengokohkan posisi Haier sebagai produsen white goods dengan 7,8% pangsa pasar didunia.  Vice President Haier Group, Du Jingguo menyatakan,”Saat ini Haier merupakan global market leader dalam white goods industry, kami berkeinginan untuk juga menjadi 3 besar di pasar Asia dan akuisisi yang kami lakukan ini akan mendukung upaya kami mencapai tujuan tersebut lebih cepat”.
Sebagai bagian dari “dual brand strategy” maka Haier akan menggunakan merek Haier dan tetap mempertahankan merek Sanyo untuk produk yang telah ada, selama periode waktu tertentu.  Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan reputasi yang sudah dimiliki oleh produk yang dihasilkan oleh Sanyo Electric. Vice President Haier Group, Du Jingguo menyatakan,”Sanyo Electric telah memiliki reputasi yang baik di Asia Tenggara maupun Indonesia, karenanya strategi dual brand yang kami terapkan didesain untuk secara bersamaan meningkatkan keunggulan Sanyo dan memperluas pasar yang disasar lewat kekuatan Haier dalam hal desain, inovasi dan kualitas”.
Di Kawasan Asia, Haier memiliki  6 negara sebagai basis penjualan yaitu Jepang, Malaysia, Vietnam, Filipina, Thailand dan Indonesia;         4 negara sebagai basis produksi yaitu Indonesia, Vietnam, Thailand dan Jepang yang didukung pusat R&D di Jepang. “Akuisisi akan memperkuat kemampuan R&D, produksi maupun pemasaran di Asia Tenggara dan juga Jepang”, disampaikan oleh Du jingguo. ”Kami yakin bahwa Haier akan memberikan tambahan dan pilihan produk yang berkualitas untuk mendukung kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik”, ditegaskannya.
Haier di Indonesia
Setelah akuisisi oleh Haier, maka PT Sanyo Indonesia ( sekarang bernama PT. Haier Electrical Appliances Indonesia ) dan PT Sanyo Sales Indonesia ( sekarang menjadi PT. Haier Sales Indonesia ) menjadi bagian dari Haier Indonesia, dengan dukungan lebih dari 1000 karyawan di seluruh Indonesia yang memiliki pusat produksi kulkas dengan kapasitas 600.000 unit per tahun dan pabrik mesin cuci dengan kapasitas 200.000 per tahun.  Jaringan Distribusi Sanyo saat ini memiliki 12 cabang dan 5 Agen Tunggal. Sementara Jaringan Pusat layanan memiliki total 17 kantor, lebih dari 20 kantor layanan resmi dan jaringan distribusi didukung oleh lebih dari 1000 outlet penjualan.












Mr. Yutaka Itamochi, President PT. Haier Sales Indonesia sedang memberikan keterangan pers





Di Indonesia, merek Haier akan hadir dengan produk – produk kulkas, mesin cuci, dan televisi yang bersinergi dengan  produk – produk Sanyo yang sudah ada. Jaringan pelayanan  di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Irian Jaya, Nusa Tenggara, Bali, Lombok dan Jawa.  Sejak diakuisisi oleh Haier, jaringan distribusi tumbuh dan terus diperluas baik outlet tradisional dan modern.  Seluruh distribusi dan layanan jaringan telah menyebar secara nasional.
























Mr. Shi Zhiyuan, Director Of Asia Pacific Haier Group,
sedang memberikan keterangan pers.

 


Haier Grup
Didirikan pada tahun 1984, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang multinasional produk elektronik konsumen dan rumah tangga yang berpusat di Qingdao, Shandong,RRC. Pada tahun 2010 , pendapatan globalnya sebesar  20.7 Miliar US$.  Bisnis produk elektronik rumah tangga  Haier Grup juga meliputi penelitian dan pengembangan, produksi dan penjualan lemari es, mesin cuci, AC, pemanas air ,peralatan dapur, TV warna, computer, HP dan serial produk  U-HOME.

SANYO Electric
SANYO Electric ,adalah anggota dari Panasonic Grup,sebuah perusahaan global dengan  teknologi energi dan lingkungan terkemuka,begitu juga dengan produknya baik untuk penggunaan konsumen maupun komersial. SANYO menawarkan produk dan pelayanan yang berfokus pada pembangkit energi, penyimpanan energi, efisiensi pemakaian  energi,seperti misalnya sistem panas surya, baterai isi ulang dari skala kecil maupun sampai skala besar,serta produk lainnya yang hemat energi dan komponen elektronik yang didesain dengan konsep ramah lingkungan.


















Mr. Shi, Mr. Itamochi dan Mr. Fajar berpose di depan Produk Lemari Pendingin dan Beverage Cooler Haier






 













Jajaran produk LED 3D Smart Android, LED, LCD Haier




















Jajaran produk mesin cuci Direct Drive dan Double Drive Haier serta produk Chest Freezer Haier
 

Comments

Popular Posts